1. PENGERTIAN

Perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Argentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Perak merupakan logam yang terbentuk dan selalu bersama-sama dengan logam emas, yang mempunyai warna putih. Mineral-mineral yang terpenting yang mengandung perak adalah Perak alam (Ag), Argentite (Ag2S), Cerrargyrite (AgCl), Polybasite (Ag16 Sb2 S11), Proustite (Ag2 As S3) dan Pyrargyrite (Ag3 Sb S3). Kebanyakan perak di dunia berasal dari cebakan hydrothermal yang mengisi rongga-rongga. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak termasuk logam mulia seperti emas.

47 paladium ← perak → kadmium
Cu

Ag

Au

Tabel periodik

Keterangan Umum Unsur
Nama, Lambang, Nomor atom perak, Ag, 47
Deret kimia logam transisi
Golongan, Periode, Blok 11, 5, d
Penampilan logam putih mengkilap
Massa atom 107,8682(2) g/mol
Konfigurasi elektron [Kr] 4d10 5s1
Jumlah elektron tiap kulit 2, 8, 18, 18, 1
Ciri-ciri fisik
Fase padat
Massa jenis (sekitar suhu kamar) 10,49 g/cm³
Massa jenis cair pada titik lebur 9,320 g/cm³
Titik lebur 1234,93 K
(961,78 °C, 1763,2 °F)
Titik didih 2435 K
(2162 °C, 3924 °F)
Kalor peleburan 11,28 kJ/mol
Kalor penguapan 258 kJ/mol
Kapasitas kalor (25 °C) 25,350 J/(mol·K)
Tekanan uap
P/Pa 1 10 100 1 k 10 k 100 k
pada T/K 1283 1413 1575 1782 2055 2433
Ciri-ciri atom
Struktur kristal kubus pusat muka
Bilangan oksidasi 1
(oksida amfoter)
Elektronegativitas 1,93 (skala Pauling)
Energi ionisasi pertama: 731,0 kJ/mol
ke-2: 2070 kJ/mol
ke-3: 3361 kJ/mol
Jari-jari atom 160 pm
Jari-jari atom (terhitung) 165 pm
Jari-jari kovalen 153 pm
Jari-jari Van der Waals 172 pm
Lain-lain
Sifat magnetik diamagnetik
Resistivitas listrik (20 °C) 15,87 nΩ·m
Konduktivitas termal (300 K) 429 W/(m·K)
Difusivitas termal (300 K) 174 mm²/s
Ekspansi termal (25 °C) 18,9 µm/(m·K)
Kecepatan suara
(pada wujud kawat)
(suhu kamar) 2680 m/s
Modulus Young 83 GPa
Modulus geser 30 GPa
Modulus ruah 100 GPa
Nisbah Poisson 0,37
Skala kekerasan Mohs 2,5
Kekerasan Vickers 251 MPa
Kekerasan Brinell 24,5 MPa
Isotop
iso NA waktu paruh DM DE (MeV) DP
105Ag syn 41,2 hari ε 105Pd
γ 0,344; 0,280;
0,644; 0,443
106mAg syn 8,28 hari ε 106Pd
γ 0,511; 0,717;
1,045; 0,450
107Ag 51,839% Ag stabil dengan 60 neutron
108mAg syn 418 tahun ε 108Pd
IT 0,109 108Ag
γ 0,433; 0,614;
0,722
109Ag 48,161% Ag stabil dengan 62 neutron
111Ag syn 7,45 hari β 1,036; 0,694 111Cd
γ 0,342
  1. SEJARAH PERAK

Perak telah digunakan sebagai alat untuk mempertahankan kesehatan ribuan tahun, namun kini kembali muncul sebagai penyelamat medis modern. di Yunani kuno , Roma, Phoenicia dan Macedonia, perak telah digunakan secara ekstensif untuk mengendalikan infeksi dan kerugian. ”Bapak ahli pengobatan” , Hippocrates, yang sangat terkesan dengan manfaat perak juga. Dia mengajar bahwa perak dapat menyembuhkan  luka dan berbagai penyakit. Dalam tahun 69 sebelum masehi, perak nitrat yang tercantum dalam farmakope kontemporer sebagai anti-Microbial tool. Beberapa ribu tahun kemudian (1897) dokter di Amerika mulai menggunakan cairan perak nitrat  untuk mencegah kebutaan baru. Di banyak negara, metode ini  masih digunakan untuk tujuan ini.

Di Amerika, 1900-1942, perak menjadi senjata yang sangat ampuh dan sangat  penting terhadap infeksi. Menurut American Medical Association terdapat lebih dari 96 perak yang berbeda dalam menggunakan obat-obatan. Di awal tahun, perak yang digunakan terutama untuk melawan bakteri, tetapi kami akan mempelajari beberapa dekade kemudian yang juga sangat efektif terhadap jamur menular, dan pilih viruses7 beberapa  parasit. Dalam 1942, antibiotik yang invented dan membuat sensasi. Dalam beberapa cara baru antibiotik yang lebih efektif dibandingkan dengan obat perak kemudian digunakan. Mereka juga lebih murah. Antibiotik yang menyatakan keajaiban obat, sedangkan perak mulai  di lupakan dan tidak dipakai.

Namun beberapa dekade kemudian, dunia kedokteran menemukan bahwa ada tiga konsekuensi penting untuk antibiotik:

  1. (1) mereka tidak bisa mengendalikan virus seperti HIV.
  2. overuse dapat menyebabkan usus jamur  penumbuhan yg terlalu cepat.
  3. lalai menggunakan antibiotik dibuat ” super kuman menjadi kebal (resistant)”yang defied semua antibiotik.

Pada tahun 1992, menurut Newsweek, 13.000 rumah sakit pasien meninggal dari kuman yang tahan infeksi. Setahun kemudian, angka ini meningkat  ke 70.000. Hal ini benar-benar, berita menakutkan. Pada tahun 1994, di Pusat Pengendalian ini dilihat sebagai masalah Amerika nomor satu masalah di bidang kesehatan.

Untungnya, para peneliti yang bekerja pada generasi perak nutraceuticals, yang juga menarik beberapa pemikiran yang terbaik dalam masyarakat medis. Dr Harry Margraf St Louis menyatakan bahwa, “Perak adalah yang terbaik untuk melawan  semua jenis kuman-fighter kami miliki.” seorang dokter penulis untuk ilmu  pengetahuan dibidang obat obat an , melaporkan bahwa sementara khasiat antibiotik tidak dapat membunuh kuman lebih dari tujuh jenis , generasi perak formulasi dapat menakluki hingga 650.

Sejauh ini, telah terbukti tidak ada kuman tahan terhadap perak . Ilmuwan Zhao Stevens setuju dengan adanya berita baik  ini, “Dengan kebangkitan bakteri yang tahan antibiotic, perak kembali muncul sebagai obat modern, karena semua organisme patogen telah gagal mengembangkan imunitas terhadap perak. ”

Perak juga dapat digunakan untuk memeriksa kanker. Hari ini produk ion perak yang terbaik tidaklah  mahal , aman dan luar biasa efektif sebagai suplemen diet. Misalnya, di 10 partikel per juta (ppm) perak formulasi telah menunjukkan kemampuan untuk mengurai dan memeriksa sel kanker dalam tes tabung. Publik menyatakan atas laporan dari tujuh universitas, seperti Medical College of Ohio dan Tulane , semua menyatakan bahwa perak sangat sangat  kuat dan efektip terhadap penyakit lymphoma , melanoma, dan prostata bisul kanker payudara, dan bahkan osteosarcoma  Tentu saja ini sangat menarik dibidang penelitian dibidang  studi sebelum kehidupan nyata yang banyak manfaatnya .

Mempertimbangkan fakta-fakta menarik tentang  perak :

  • Yunani yang digunakan untuk menyimpan perak kapal air dan cairan lainnya segar. Tulisan-tulisan dari Herodotus, orang Yunani filsuf dan sejarawan, tanggal penggunaan perak untuk sebelum kelahiran Kristus.
  • Empayar Rom anggur disimpan dalam perak urns untuk mencegah kerugian.
  • Penggunaan perak disebutkan dalam tulisan-tulisan Mesir kuno.
  • Pada abad pertengahan, kerajinan perak yang kaya dilindungi dari pukulan penuh dari tulah.
  • Sebelum kedatangan germicides yang modern dan antibiotik, ia dikenal yang menyebabkan penyakit-pathogens tidak dapat bertahan di hadapan perak. Akibatnya, perak yang digunakan di alat – alat makan, seperti gelas minum kapal dan alat-alat makan lain.
  • Secara khusus, kaya disimpan dan mereka makan makanan dari perak kapal untuk tetap tumbuh dari bakteri.
  • Emperor china, mereka makan dengan sumpit perak.
  • Druids yang telah meninggalkan bukti mereka menggunakan perak.
  • Pemukim di pedalaman Australia menangguhkan kerajinan perak di tangki air untuk memperlambat kerugian.
  • Trekking pionir di Amerika Barat menemukan bahwa jika mereka ditempatkan koin perak atau tembaga dalam casks dari air minum, air itu tetap aman dari bakteri, algae, dll
  • Sepanjang perbatasan, perak dolar telah dimasukkan ke dalam susu untuk sesedikit segar. Beberapa dari sumber ingat kakek / nenek kami melakukan hal yang sama.
  • Perak daun digunakan untuk memerangi infeksi di luka berkelanjutan oleh pasukan selama Perang Dunia I.
  • Sebelum pengenalan antibiotik, koloida Perak telah digunakan secara luas di rumah sakit dan telah dikenal sebagai bactericide setidaknya 1200 tahun.
  • Pada awal tahun 1800, dokter yang digunakan dalam bedah perak sutures luka dengan hasil sangat sukses.

Dalam Ayurvedic medicine, perak digunakan dalam jumlah kecil sebagai tonik, atau eliksir rejuvenative agen untuk pasien debilitated oleh usia atau penyakit.

  1. MANFAAT PERAK

Ternyata Perak Bisa Mencegah Infeksi

Sebelum penemuan antibiotik, ahli bedah biasa menjahit luka bekas pembedahan menggunakan benang tenun dengan bahan perak. Mereka percaya bahwa perak bisa mencegah infeksi.

Selain digunakan untuk campuran benang operasi, pada masa Perang Dunia I, perak pun digunakan untuk melapisi pembalut luka karena diyakini dapat membantu menyelamatkan hidup.

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perak merupakan antimikroba kuat yang tidak menimbulkan iritasi dan tidak beracun,” kata Valerie Edwards Jones dari Manchester Metropolitan University.

Jones menambahkan, perak terbukti dapat membunuh hingga 650 mikroba patogen.

Hal itu dikarenakan perak terdiri dari ribuan ion-ion yang dapat mencegah penyebaran bakteri, virus dan jamur dengan cara memasuki sel dan menonaktifkan protein.  Dengan demikian, mikroba tidak bisa berkembang biak dan mati dan akan mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Demikian keterangan yang dikutip dari Daily Mail, Kamis (4/3/2010).

Peneliti lainnya Richard Hastings dari BioCote menyebutkan bahwa perak dapat mengurangi kadar bakteri hingga 99 persen ketika dipadukan dengan berbagai peralatan rumah sakit.

“Hal ini akan mengurangi risiko infeksi superbug seperti MRSA, E.coli dan salmonella,” kata Hastings.

Perak juga efektif mengobati gangguan kulit, seperti bekas terbakar dan luka. Contohnya terdapat pada perban perak yang saat ini banyak digunakan untuk membantu pemulihan luka.

“Dalam memulihkan kondisi luka yang berisiko mengalami iritasi dan ifeksi, perban perak terbukti sangat sukses,” terang Jones.

Selain itu perak pun dapat mengatasi penyakit kulit seperti eksem dan psiorasis. Menurut Jones, krim yang mengandung satu persen perak bisa menekan peradangan yang terjadi ketika alergi kulit.

Namun demikian diperlukan studi lebih lengkap untuk mengetahui apakah perak dapat digunakan untuk penggunaan intenal. Karena jika dikonsumsi langsung, pasien berisiko mengalami perubahan warna kulit.

Membuat Kerajinan Perak, Meneladani Karya Para Pengrajin Kotagede

Kotagede tak bisa dipungkiri lagi telah menjadi sentra kerajinan perak terbesar di Indonesia, melebihi Bali, Lombok dan Kendari. Beragam kerajinan perak yang diolah menjadi beragam bentuk lewat beragam cara dihasilkan dari tempat yang berlokasi 10 km dari pusat kota Yogyakarta. Sejak tahun 70an, kerajinan perak produksi Kotagede telah diminati wisatawan mancanegara, baik yang berbentuk perhiasan, peralatan rumah tangga ataupun aksesoris penghias.

Kini, Kotagede tak hanya menawarkan kemewahan kerajinan perak produksinya, tetapi juga kesempatan untuk mempelajari proses pembuatan peraknya. Sebuah kursus singkat yang berdurasi tiga jam hingga dalam hitungan hari menawarkan pada anda paket wisata alternatif meliputi merancang desain perhiasan perak, membuatnya dan akhirnya membawa pulang hasil buatan anda sendiri. Salah satu tempat dimana anda bisa menikmati paket wisata itu adalah di Studio 76.

Tahap awal kursus adalah perancangan desain perhiasan. Anda dibebaskan untuk memilih jenis perhiasan dan desain yang akan dibuat. Setelah desain ditentukan, proses dilanjutkan dengan pemindahan desain ke cetakan dan penempaan. Setelah ditempa, lempengan kuningan atau tembaga yang digunakan sebagai bahan dasar ditempa menggunakan timah lunak. Selanjutnya, bahan dirangkai sesuai keinginan dan dipoles dengan perak melalui penyepuhan.

Bila memiliki lebih banyak waktu, anda bisa memilih membuat perhiasan perak yang lebih indah. Untuk membuatnya, anda harus berlatih memahat lempengan bahan dasar perhiasan sebelum memolesnya. Anda juga bisa memilih membuat perhiasan yang bentuknya bagai anyaman kawat-kawat tipis berlapis perak pada bagian luarnya. Tentu, semakin indah dan detail perhiasan yang ingin dibuat, akan semakin berharga pula benda itu di mata orang lain.

Seluruh proses perancangan dan pembuatan kerajinan adalah hak anda. Selama proses pembuatan, instruktur hanya akan membimbing dan memperbaiki beberapa detail yang masih kurang bagus. Pengalaman instruktur dalam membimbing dan membuat kerajinan perak selama bertahun-tahun akan membantu anda belajar dalam waktu cepat. Ditunjang dengan keahlian instruktur berbahasa asing, tentu akan sangat memudahkan anda.

Selama waktu kursus, anda juga akan mendapat berbagai penjelasan tentang kerajinan perak dan Kotagede. Diantaranya, penjelasan tentang sejarah kerajinan perak di Kotagede dan penjelasan tentang berbagai teknik pembuatan kerajinan perak. Anda tentu juga dapat berkeliling lokasi produksi kerajinan dan menyaksikan para pengrajin sedang bekerja, disamping melihat berbagai produk yang telah siap dijual.

Bila memilih paket wisata membuat perak di Studio 76, ada beberapa pilihan waktu dan durasi sesuai keinginan anda. Bila hanya memiliki sedikit waktu saja, anda bisa memilih Short Course yang berdurasi 3 jam, namun bila memiliki banyak waktu anda bisa memilih Full Day Course yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. Jika masih juga kurang puas, anda bisa memilih Arraged Course yang jangka waktunya menyesuaikan dengan target dan keinginan anda.

Biaya kursus berkisar antara Rp 100.000,00 hingga Rp 2.000.000,00 per orang, tergantung pada pilihan paket kursusnya. Semakin lama jangka waktu kursus, maka biaya akan semakin mahal pula. Namun tak perlu khawatir, karena proses belajar pun akan lebih detail dan perhiasan perak yang ditawarkan pun memiliki gram yang lebih tinggi. Perhiasan yang dihasilkan dari Short Course maksimal hanya 5 gram, tetapi Full Day Course mencapai 10 gram.

Untuk mengikuti kursus ini, anda harus menghubungi lebih dulu beberapa sanggar atau penyedia jasa kursus sehingga instruktur dan peralatan pembuatan perak bisa dipersiapkan. Untuk menuju Studio 76, anda bisa melaju ke arah Kotagede dan kemudian berjalan ke Jalan Purbayan. Studio tersebut menyediakan instruktur yang menguasai Bahasa Inggris dan Perancis. Nah, tertarik menghasilkan kerajinan perak buah tangan anda sendiri?

Setelah mengelilingi Yogya sebaiknya anda menyaksikan adanya suatu lokasi yang dapat membuat diri anda berkilau bagai sebuah emas putih, yaitu perak. Apalagi jika menghampiri Jl. Mondorakan No.1, tentunya anda akan terkejut melihat toko besar bernama HS Silver.

HS Silver adalah toko cenderamata perak terbesar di Yogyakarta. Letak persisnya di wilayah Kota Gede, melewati Kebun Binatang (Bonbin biasanya disebut masyarakat Yogya). Pemilik toko ini adalah Harto Soeharjo, yang disingkat menjadi HS.

Di tempat HS dapat ditemukan cara membuat rangkaian perak satu persatunya hingga sebuah showroom untuk katergori penjualannya. Wajar saja jika pemilik toko tersebut termasuk nasabah prioritas BCA. Karena harga penjualannyapun terbilang mahal, yaitu berkisar antara Rp. 50.000,- hingga ratusan juta rupiah. Toko ini dikatakan terpopuler karena pemesanannya sudah sampai mendunia.

Selain itu, tak jauh dari lokasi ini dapat anda temukan sebuah restoran terkenal yang bernama Omah Dhuwur. Konon rumah ini pada tahun 1990-an dimiliki oleh pemilik Toko HS Silver, Harto Soeharjo. Dan tempat ini merupakan lokasi wisata kuliner bagi para pelancong nusantara.

Toko-toko perak lainnya yang terkenal di Yogyakarta adalah Tom Silver, MD Silver, Narti Silver dan sebagainya. Tetap Kota Gede yang dijadikan lahan potensial perekonomian masyarakat Yogyakarta. Karena di wilayah ini terkenal dengan sebutan penghasil perak.

Kegunaan air perak atau kegunaan ionic silver water :

  • Tidak mengandung radikal bebas, aman untuk enzim tubuh manusia dan tidak ada efek samping yang negatif jika digunakan bersamaan dengan obat, jamu, atau suplemen lainnya.
  • Membantu memperbaiki pencernaan, regenerasi sel dan jaringan yang rusak, mencegah pilek dan flu, alergi dan berbagai penyakit yang disebabkan berbagai jenis bakteri, kuman dan infeksi virus.
  • Non-Toxic dan tidak berbahaya terhadap ginjal, hati, mata, dan organ tubuh lainnya.
  • Bila digunakan setiap hari secara teratur dapat membantu meningkatkan sistim kekebalan tubuh.
STATISTIK 2003 – 1997

2003 2002 2001 2000 1999 1998 1997
Produksi, ton 293,519.00 350,455.00 255,443.00 288,200.00 280,030.00 269,711.00
Konsumsi, ton 127,275.00 130,500.00 846,500.00 73,500.00 102,200.00 128,200.00 284,000.00
Ekspor, ton 281,235.00 204,035.00 161,823.00 230,231.00 196,264.00 264,458.00 158,819.00
Impor, ton 11,952.80 20,171.00 75,000.00 48,286.00 112,588.00 173,079.00

Source: Central Bureau of Statistics

Potensi

Prediksi Harga perak 2010 – 2011

Anda harus merencanakan ke depan untuk tetap optimis.Banyak orang dalam perkiraan harga perak akan melambung tinggi pada akhir 2010 dan awal tahun 2011, sama seperti yang terjadi pada 1970-an. Tentunya anda telah mendengar prediksi seperti sebelumnya, tapi fakta yang fundamental tetap kokoh untuk perak karena masih sangat undervalued kalau mengacu pada sejarah, dan undervalue bahkan terhadap emas. Sementara itu emas telah mendapatkan banyak perhatian dari investor ritel, berkat dorongan terpadu oleh semua pihak di TV, Talk Radio dan Internet. Bahkan Yahoo! pada halaman depan harga emas di pajang pada Market Summary . Namun perak tetap tidak jelas, yang melestarikan relatif sedikit investor yang kontra dengan media, sekarang ini harga perak dalam tahap peralihan menyaingi atau melebihi dari tahun 1970-an.

Perak saat ini bernilai kurang dari $ 17,75 per troy ounce dan berada di $ 20,88 per ounce pada Maret 2008. Setelah 18 bulan periode koreksi dan konsolidasi, harga perak tampak masuk ke tantanan yang tinggi, di bulan-bulan mendatang. Prediksi kami tetap bahwa kemungkinan harga perak untuk tahun 2010 dan 2011 sedemikian tinggi sehingga akan melebihi tingginya inflasi $ 48,70 per Troy ons dan harga dapat  berkisar mencapai $ 55 sampai $ 65 pada tahun-tahun mendatang.

Mengapa perak di pasar international diprediksi dengan harga tertinggi? Dalam beberapa tahun terakhir, emas dan perak telah melebihi performa ekuitas dan real estat.  Karena sangat fundamental, tren ini akan berlanjut dalam beberapa bulan mendatang. Ramalan untuk harga perak pada tahun 2010 dan 2011 didasarkan pada:
– Meningkatnya makroekonomi global, mata uang dan risiko geopolitik
– Peran Perak dalam sejarah sebagai uang dan penyimpan nilai
-Permintaan industri signifikan
– Investasi tumbuh signifikan dan permintaan

Emas, minyak, batubara, dan komoditas utama lainnya mendekati rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya permintaan dan rendahnya pasokan, risiko geopolitik dan kekhawatiran mengenai munculnya inflasi dan stagflasi – semua itu mengindikasikan ke harga perak yang lebih tinggi dalam jangka panjang.

Perkiraan harga perak menurut riset kurang lebih berjumlah 2,2 miliar ons perak di dunia pada tahun 1900. Walaupun mungkin terdengar sangat besar, Hari ini, ada kurang dari 1 milyar ons perak di atas tanah tambang. Lebih dari 90% dari semua perak yang pernah ditambang, telah dikonsumsi oleh fotografi global, teknologi, medis, pertahanan dan industri elektronik.

Sementara kelahiran fotografi digital pasti berkurang penggunaan perak di industri foto, yang didasarkan pada proyeksi arus dan kecenderungan penawaran dan permintaan, jumlah perak di atas tanah tambang jumlahnya mengecil karena permintaan telah melebihi pasokan bagi sebagian besar pertambangan sampai 20 tahun terakhir.  Namun di dunia investasi hampir tidak ada yang menyadari fakta penting ini.

Mengapa harga perak tidak naik? Kami tidak percaya pada teori konspirasi. Peningkatan permintaan telah dipenuhi oleh pemerintah setempat dari persediaan yang ada, meskipun saat ini jumlah persediaan akan semakin menipis. Mereka termasuk Amerika Serikat, Cina, Rusia dan India cadangan. Sekarang 80% dari perak telah ditambang sebagai produk sampingan lainnya logam dasar seperti tembaga, nikel, seng dan timah. Dalam hal stagflationary global atau deflasi lambatan, Anda tidak bisa mengharapkan para penambang logam untuk meningkatkan produksi demi besarnya permintaan perak sebagai produk inti yang kemungkinan akan habis, dengan demikian semakin mengurangi pasokan ditambang perak.

Hanya ada beberapa tambang perak murni yang tersisa, semua dengan cadangan semakin menipis. Penawaran tidak fleksibel ini berarti bahwa kita tidak bisa mengharapkan pasokan tambang signifikan untuk menekan kenaikan harga. Semua fakta ini menggambarkan keadaan yang unik untuk perak.

Perak saat ini digunakan lebih dari sebelumnya dalam aplikasi tradisional seperti Perhiasan, cermin, baterai, peralatan medis dan peralatan listrik serta yang lebih baru seperti ponsel, televise layar datar, laptop dan perangkat modern lainnya berteknologi tinggi. Bahkan kini perak sedang digunakan dalam berbagai jenis aplikasi medis antimikroba dan antibakteri yang berkualitas.Ada banyak proyek-proyek penelitian yang sedang berlangsung penggunaan senyawa berbasis perak untuk tujuan terapi dan antibakteri. Peningkatan permintaan dan aplikasi industri menyebabkan perak harga yang lebih tinggi seperti pertumbuhan ekonomi di Cina, India, Vietnam, dan Brasil. Mereka tumbuh kelas menengah kini menuntut kualitas hidup berstandar Barat dan dengan demikian permintaan perak kemungkinan akan meningkat.

Jadi prediksi harga perak untuk tahun 2010 dan 2011 didasarkan pada fakta bahwa ini adalah logam yang unik baik dalam hal moneter maupun industri logam. Perak dengan harga kurang dari $ 17/oz hari ini. Rata-rata harga nominal perak pada tahun 1979 dan 1980 adalah $ 16,39 per ons sampai $ 21,80 per ons.Pada hari ini bila dolar disesuaikan dengan inflasi pada tahun 1979 dan 1980 harga rata-rata sekitar dan $ 44 per ons sampai dengan $ 60 per ons. Ditambah dengan naiknya harga emas,  komplikasi geopolitik, pernah menurunnya nilai uang kertas dan berkurangnya pasokan perak, yang tampaknya ramalan tentang menggilanya harga perak tidak bisa lebih menggila lagi.

sumber : dari berbagai sumber